•  
  • Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum
Jumat, 25 Januari 2019 - 10:46:43 WIB
RAKOR HUKUM 2018
Diposting oleh : Dedi Purwanto
Kategori: Politik & Hukum - Dibaca: 191 kali



Bagian Hukum Setda Cilacap melaksanakan Rakor Hukum 2018 yang dilaksanakan pada hari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis,  tanggal 10, 11, 12, dan 13 Desember 2018, bertempat di Gedung KORPRI Kabupaten Cilacap, Jl. MT. Haryono Cilacap. Dengan Tema “"Mewujudkan Tata Kelola Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Yang Taat Hukum"

Dalam rangka untuk mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa yang transparan, akuntabel, dan taat hukum diperlukan komitmen dari Kepala Desa dan Perangkat Desa serta lembaga-lembaga yang ada di desa. Karena secara umum tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa di Kabupaten Cilacap belum transparan, belum akuntabel, dan belum taat hukum. Apabila penyelenggaraan pemerintahan desa tidak transparan, tidak akuntabel, dan tidak taat hukum, memungkinkan terjadinya penyimpangan yang mengakibatkan bisa berhadapan dengan hukum.

Apabila tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa tidak transparan, tidak akuntabel, dan tidak taat hukum, akan menyebabkan juga terhambatnya percepatan kesejahteraan masyarakat. Untuk mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa yang transparan, akuntabel, dan taat hukum, maka perlu diselenggarakan Rakor Hukum dengan memberikan percerahan dari narasumber yang berkompeten dan mendapatkan masukan-masukan dari perserta Rakor, sehingga dapat meminimalisir hal-hal yang berakibat berhadapan dengan hukum

Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan Rakor Hukum ini  adalah :

  1. Untuk menyamakan persepsi dan memberikan pencerahan atau pemahaman kepada Peserta Rakor mengenai Tata Kelola Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Yang Taat Hukum.
  2. Untuk menyampaikan informasi yang bersifat aktual dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Kabupaten Cilacap.
  3. Menyerap dan menghimpun permasalahan-permasalahan yang ada terkait dengan Penyelengaraan Pemerintahan Desa.
  4. Sebagai bahan kajian dan evaluasi pengambil kebijakan dalam menyusun program dan  kegiatan pembangunan di bidang hukum.

Materi yang akan disampaikan oleh Narasumber adalah :

  1. Kebijakan Pemerintahan Kabupaten Cilacap Dalam Pengelolaan Keuangan Desa Tahun Anggaran 2019, disampaikan oleh Drs. WASI ARIYADI, MM, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Cilacap.
  2. Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa, disampaikan oleh Endah Setiarini, S.STP, M.Si, Kepala Bidang Pembinaan Pemerintahan Desa.
  3. Tata Cara Penyusunan Peraturan Di Desa, disampaikan oleh Ely Suningsih, SH, MH, Kepala Sub Bagian Perundang-undangan pada Bagian Hukum Setda Kabupaten Cilacap.
  4. Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa, disampaikan oleh SUGIHARTO, SH, MM, Inspektur Pembantu Wilayah IV Inspektorat Kabupaten Cilacap.

Peserta Rakor adalah sebanyak 280 (dua ratus delapan puluh) orang, yang terdiri 4 (empat) angkatan, tiap-tiap angkatan terdiri dari 70 (tujuh puluh) orang, yang berasal dari Sekretaris Desa dan Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap.

Peserta pada Angkatan I (Pertama) yang dilaksankan pada hari ini adalah dari Perangkat Desa yang ada di wilayah Kecamatan Nusawungu, Binangun, Kroya, Adipala, dan Sampang

Harapan Pemerintah Kabupaten Cilacap adalah dengan adanya Penyuluhan Hukum ini diharapkan  masyarakat menjadi cerdas akan hukum akan paham bagaimana melaksanakan hak dan kewajibannya secara profesional dan proporsional sehingga tidak ada lagi hak-hak orang lain yang dilanggar atau diambil.